13 Agama Teraneh di Dunia yang Benar-benar Ada

Mar 21, 2019
Berita dan Pengalaman

Anda mungkin sudah sering mendengar tentang berbagai agama terbesar di dunia seperti Kristen, Islam, Hindu, atau Buddha. Namun, tahukah Anda bahwa selain agama-agama yang populer itu, ada juga agama-agama teraneh yang benar-benar dianut oleh sekelompok orang di berbagai belahan dunia.

1. Pastafarianisme

Salah satu agama teraneh yang mungkin belum banyak diketahui orang adalah Pastafarianisme. Agama ini memiliki dewa yang disebut Spaghetti Monster yang diyakini sebagai pencipta alam semesta.

2. Jediisme

Jediisme merupakan agama yang terinspirasi oleh ajaran Jedi dalam serial Star Wars. Pengikut Jediisme meyakini kekuatan mistis bernama "The Force" yang ada dalam setiap individu.

3. Agama Orang Bumi Datar

Konspirasi Bumi Datar telah menginspirasi kelompok kecil yang mempercayai bahwa Bumi sesungguhnya datar, bukan bulat seperti yang diajarkan dalam ilmu pengetahuan konvensional.

4. Agama Unicorn

Pengikut agama Unicorn memuja makhluk mitos yang identik dengan seekor kuda berhulu satu dengan tanduk panjang. Mereka percaya bahwa Unicorn adalah lambang keanggunan dan keajaiban.

5. Agama Flying Spaghetti Monster

Flying Spaghetti Monster adalah agama parodi yang menarik perhatian terhadap kurangnya bukti ilmiah tentang asal usul manusia. Para pengikutnya memakai dasi spageti sebagai simbol keyakinan mereka.

6. Agama Kopi

Dalam agama Kopi, biji kopi dianggap sebagai simbol kehidupan dan kesucian. Ritual meminum kopi dipraktikkan secara religius oleh para pengikutnya.

7. Agama Alienologi

Agama Alienologi meyakini bahwa kehidupan di Bumi adalah hasil campur tangan makhluk asing dari luar angkasa. Mereka percaya bahwa manusia diciptakan oleh alien.

8. Agama Wicca

Wicca merupakan agama pagan modern yang venerate atas alam dan unsur-unsur alam seperti Matahari, Bulan, dan Bumi. Mereka meyakini adanya kekuatan magis di alam.

9. Agama Matrixism

Inspirasi dari film "The Matrix", Matrixism adalah agama yang memandang dunia sebagai simulasi komputer. Matrixis meyakini bahwa manusia harus mengungkap kebenaran di balik ilusi ini.

10. Agama Dudeisme

Dudeisme terinspirasi dari karakter The Dude dalam film The Big Lebowski. Mereka menganut filsafat santai dan kedamaian, sering kali dianggap sebagai versi modernisme dari Taoisme.

11. Agama Satanasme

Satanasme adalah agama yang memuja Setan atau Iblis sebagai simbol pemberontakan dan kebebasan individual. Mereka sering dituduh sebagai agama sesat karena keyakinan terhadap kuasa jahat.

12. Agama Kibology

Kibology adalah agama yang didirikan oleh penyiar radio Inggris, David "Kid" Jensen. Mereka memiliki kepercayaan pada humor dan metode "troll" untuk menghadapi tantangan kehidupan.

13. Agama Discordianisme

Agama Discordianisme dipenuhi dengan konsep kekacauan kreatif dan tidak terduga. Mereka berpegang pada ide bahwa kekacauan adalah sifat alam semesta yang sebenarnya.

Inilah 13 agama teraneh di dunia yang benar-benar ada. Meskipun terdengar aneh atau luar biasa, namun bagi para pengikutnya, agama tersebut memiliki makna dan nilai spiritul yang mendalam. Pesona pluralitas kepercayaan manusia memang tak pernah habis untuk dijelajahi.